Friday, July 2, 2010

Jenis Pendidikan

a. Pendidikan Formal
Pendidikan formal adalah pendidikan sekolah yang teratur, standard dan mempunyai jenjang dan yang dibagi dalam waktu – waktu tertentu yang berlangsung dari taman kanak – kanak sampai perguruan tinggi ( Idris Zahara 1981: 58 ). Walaupun masa sekolah bukan satu – satunya masa bagi setiap orang untuk belajar. Namun kita menyadari bahwa sekolah adalah tempat yang strategis seseorang dalam membina dan menghadapi masa depan.


b. Pendidikan Informal
Pendidikan informal adalah pendidikan yang diperoleh seseorang dari pengalaman sehari – hari dengan sadar atau tidak sadar ( Idris Zahara 1981 : 58). Pendidikan ini banyak didapat pada keluarga dan masyarakat. Tetapi pendidikan dalam keluarga adalah yang lebih utama. Hal ini karena seseorang lebih banyak didalam rumah tangga dibandingkan ditempat – tempat lainnya.
c. Pendidikan Non Formal
Pendidikan non formal adalah semua bentuk pendidikan yang diselenggarakan dengan sengaja, tertib, terarah dan terencana diluar kegiatan persekolahan ( Idris Zahara 1981 : 59 ). Pendidikan ini contohnya kursus – kursus atau lembaga – lembaga pelatihan. Pendidikan non formal sangat bermanfaat terutama bagi masyarakat yang tidak dapat menikmati pendidikan formal dan juga bagi masyarakat desa yang masih rendah tingkat pendidikannya serta status ekonominya.

No comments:

Post a Comment