Friday, July 2, 2010

Pengertian Pendidikan

Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok organisasi dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan pelatihan ( Syah Muhibin 1995 : 10 ).
Pendidikan merupakan suatu proses, baik berupa pemindahan maupun penyempurnaan, sehingga dalam hal ini melibatkan berbagai macam komponen yang terkait baik secara langsung maupun tidak. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka timbul pula macam – macam pandangan tentang pengertian pendidikan itu sendiri, berikut ini berbagai pendapat dari para ahli tentang pendidikan tersebut, antara lain ( Idris Zahara 1981 : 9 ) :
a. Hoogveld : Mendidik adalah membantu siswa supaya ia cukup cakap menyelenggarakan tugas hidupnya atas tanggung jawab sendiri,
b. Ki hajar Dewantoro : Mendidik adalah menuntut segala kekuatan kodrat yang ada pada siswa agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi – tingginya.
c. Jhon Dewey : Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional kearah atau yang sesama manusia.
d. S.A Branata Dkk : Pendidikan adalah memberi kita perbekalan yang tidak ada pada masa anak- anak akan tetapi kita membutuhkan pada waktu dewasa.

No comments:

Post a Comment