Saturday, July 3, 2010

Lanjut Usia

Definisi Menua
Menjadi tua adalah suatu proses natural dan kadang-kadang tidak tampak mencolok. Penuaan akan terjadi pada semua sistem tubuh manusia dan tidak semua sistem akan mengalami kemunduran pada waktu yang sama. Meskipun proses menjadi tua merupakan gambaran yang universal, tidak seoramg pun mengetahui dengan pasti penyebab penuaan dan mengapa orang menjadi tua pada usia yang berbeda-beda. (Pudjiastusi, 2003)
Menurut Constantinides cit Mubarak (2005), menua (menjadi tua) adalah suatu proses menghilangnya secara perlahan-lahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri/mengganti dan mempertahankan fungsi normalnya sehingga tidak dapat bertahan terhadap infeksi dan memperbaiki kerusakan yang diderita.
Banyak definisi dan teori tentang proses menua yang tidak seragam. Secara umum didefinisikan sebagai perubahan yang terkait waktu, bersifat universal, intrinsik, progresif, dan detrimental. Keadaan tersebut dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan dan untuk dapat bertahan hidup. Proses menua antar individu dan antar organ tubuh tidaklah sama. Proses menua amat dipengaruhi oleh penyakit-penyakit degeneratif, kondisi lingkungan serta gaya hidup seseorang. (Setiati, 2000)
Proses menua merupakan proses yang terus-menerus dan terjadi secara alamiah. Proses menua sudah mulai berlangsung sejak seseorang mulai menginjak usia dewasa, misalnya dengan terjadinya kehilangan jaringan pada otot, susunan saraf, dan jaringan lain sehingga tubuh mati sedikit demi sedikit. (Nugroho, 2000)
Penuaan merupakan suatu proses multidimensional, yakni mekanisme perusakan dan perbaikan didalam tubuh atau sistem tersebut terjadi secara bergantian pada kecepatan dan saat yang berbeda-beda.(Tambayong, 2000). Proses tersebut merupakan proses yang wajar terjadi. Proses usia lanjut yang tidak sesuai dengan keinginan-keinginan tersebut, dirasakan sebagai beban mental yang cukup besar. Penyakit yang membahayakan, menjalani masa pensiun, ditinggal mati suami/istri, dan sebab-sebab lainnya lebih sering menimbulkan gangguan keseimbangan mental. Psikologi kehilangan merupakan salah satu sindroma atau gejala multikompleks dari proses usia lanjut (Depkes, 2000)

No comments:

Post a Comment