Friday, July 2, 2010

Faktor-faktor yang mempengaruhi gizi

1) Penyebab tidak langsung
Tidak semua zat gizi yang di peroleh dari makanan untuk kebutuhan tubuh mereka ( asupan makanan )juga gizi yang buruk menyebabkan mudah terjadi imfeksi juga sering menyebabkan meningkatnya kebutuhan zat gizi. Sedangkan napsu makan biasanya menurun jika terjadi penyakit imfeksi dan dapat menyebabkan anak yanggizi baik akan menderita gangguan gizi.
2) Penyebab tidak langsung
Faktor ketidak tahuan atau berhubungan dengan kesehatan, ketidaktahuan akan kaidah makanan bagi kesehatan tubuh merupakan sebab buruknya mutu gizi makanan keluarga, khususnya anak balita atau anak di bawah lima tahun.faktor social budaya, meliputi prangka buruk terhadap makan tertentu, adanya kebiasaan atau pantangan yamg merugikan, kesukaan yang berlebihan terhadap jenis makanan tertentu, jarak kelahiran yang terlalu dekat.
3) Faktor ekonomi
Faktor ekonomi, keterbatasan penghasilan sangat besar pengaruhnya dalam menentukan penyediaan makanan dirumah, keuangan juga mempunyai andil dalam kualitas hidangan yang disajikan sehari- hari, tetapi ini tidaklah mutlak. Pengetahuan tentang kadar gizi dalam berbagai bahan makanan dan kegunaan makanan bagi kesehatan keluarga dapat membantu ibu memilih makanan yang harganya tidak begitu mahal tetapi nilai gizinya tinggi.
4) Faktor politik
Faktor politik, hal ini menyangkut tentang kebijakan pemerintah dalam distribusi makanan, factor harga dan hubungan antar Negara. Faktor genetik adalah faktor dasar yang memegang peranan penting dalam status gizi ( Supriasa, 2002)
5) Anak-anak yang memiliki risiko
Berbagai studi telah mengidentifikasi factor-faktor risiko tinggi yang mempunyai pengaruh terhadap status gizi anak. Faktor-faktor itu berkaitan dengan kondisi, sosial, ekonomi, dan tingkat pendidikan, mencangkup :

a) Berat bayi lahir rendah
b) Kembar
c) Banyak anak-anak dalam keluarga
d) Pertumbuhan yang lambat
e) Pemberian bahan makanan tambahan terlalu dini atau terlalu telat
f) Sering terkena imfeksi
g) Ibu yang buta hurup diantara ibu yang berpendidikan
h) Kemiskinan
i) Anak-anak yang orang tuanya tidak lengkap

No comments:

Post a Comment